Halo, Klik di sini untuk Kontak by Whatsapp

Penggunaan Label Barcode untuk Rumah Sakit

        

label rumah sakit

        Barcode adalah pengkodean batang yang terdiri dari pola terang dan gelap menghasilkan gambaran logika biner yang dapat dipindai dan diinterprestasikan oleh komputer. Barcode dapat memuat informasi didalamnya seperti kode produk, tanggal pembuatan, tanggal kadaluarsa dan informasi penting lainnya tentang suatu produk. Alat yang digunakan untuk membaca barcode disebut dengan barcode scanner. Prinsip kerja dari barcode scanner adalah dengan memindai barcode dan mengubahnya menjadi data elektronik sederhana yang kemudian di input ke dalam komputer.

        Barcode terdiri dari dua macam yaitu barcode satu dimensi dan barcode dua dimensi. Barcode satu dimensi mengkodekan data sepanjang panjang kode bar dari kiri ke kanan. Jika kita kita menarik garis melalui kode bar, kita akan melihat dimensi tunggal. Barcode satu dimensi terdiri dari bebrapa jenis yaitu EAN-13, UPC-A, Code 128, Code 39. Barcode dua dimensi mengkodekan data dalam elemen hitam dimana simbol dan setiap elemen adalah ukuran yang sama. Barcode dua dimensi mempu mengkodekan banyak data dalam ruangan kecil, tinggi dibaca, dan tahan terhadap kerusakan pada label. Barcode dua dimensi terdiri dari beberapa yaitu QR code, Data Matrix, dan PDF147.

    Barcode dalam rumah sakit biasanya digunakan untuk mendukung penerapan SIMRS yaitu sistem managemen pada rumah sakit. Dengan penggunaan sistem barcode diharapkan akan mempermudah proses input data serta proses tracking tiap-tiap pasien seperti riwayat rekam medis pasien. Penggunaan sistem barcode juga meminimalisisr kesalahan input data pasien dan kesalahan pada unit farmasi. Pada unit instalasi farmasi penggunaan barcode diaplikasikan pada label obat. Pada umumnya jenis bahan label yang biasa digunakan adalah label dengan jenis bahan yupo, thermal, semicoated, vinyl, chromo, HVS, dan transparan. Penggunaan label barcode dalam rumah sakit perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan yang tepat. Contoh prnggunaan label barcode dalam rumah sakit seperti, penggunaan gelang pasien menggunakan bahan yupo atau vinyl yang mempunyai ketahanan tinggi, penggunaan nota dan invoice pasien bisa menggunakan bahan thermal, semicoated, dan HVS, label obat, label kantong darah dan infus, label untuk sample lab bisa menggunakan bahan yupo, dll.

    Satria Label sebagai supplier label barcode menyediakan berbagai macam jenis label barcode, printer barcode, scanner barcode, ribbon barcode dan kebutuhan printing barcode lainnya. Kamu bisa custom sesuai dengan kebutuha kamu dan dapat melakukan pengiriman keseluruh penjuru Indonesia. Semua produk di Satria label memiliki garansi 100% ganti baru jika tidak sesuai dengan pemesanan. Hubungi kami untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut.



www.satrialabel.com
082138249041

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama