Halo, Klik di sini untuk Kontak by Whatsapp

Makna Simbol Perawatan Pakaian yang Perlu Anda Ketahui

    Pakaian memerlukan perawatan yang tepat agar dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak. Merawat pakaian merupakan hal yang tidak boleh disepelekan, apalagi jika anda mempunyai pakaian branded. Secara umum kunci sederhana dari merawat pakaian adalah dengan melakukan perawatan yang sesuai dengan jenis kain pakaian. Kita bisa mengetahui jenis perawatan yang cocok dari suatu pakaian dengan melihat care label yang biasanya terdapat di pakaian. Secara umum simbol-simbol yang digunakan yaitu simbol temperatur, proses pencucian, simbol pemakaian pemutih, simbol dry cleaning, pengeringan, dan penyetrikaan. Kamu bisa mengetahui lebih detail dengan penjelasan di bawah ini.

Simbol Temperatur dan Proses Pencucian Pakaian

simbol temperatur

    Label pakaian simbol temperatur menunjukkan bentuk wadah berisi air dan angka yang berarti tingkat panas untuk pencucian pakaian. Beberapa pakaian ada yang butuh untuk dicuci menggunakan air panas. Cari tahu juga berapa derajat suhu yang bisa ditolerir pakaian agar tidak rusak. Jika tidak tanda apapun maka pakaian bisa dicuci secara biasa asal suhu air tidak melebihi 40 derajat Celcius.

    Beberapa petunjuk pencucian pakaian ada 4 simbol yaitu pencucian menggunakan mesin, pencucian menggunakan mesin, pencucian mesin cuci dengan intensitas putaran mesin cuci tertentu.


Simbol Pemakaian Pemutih

simbol pemakaian pemutih pakaian

    Pemutih pakaian sering digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian. Namun teman-teman juga perlu memperhatikan penggunaan pemutih pakaian pada kain ini ya karena tidak semua kain cocok dengan pemutih pakaian, inilah gunanya petunjuk perawatan dengan simbol pemutih pakaian. Jika label pakaian terdapat simbol segitiga, artinya pakaian tersebut dapat dicuci dengan menggunakan pemutih pakaian hanya dalam keadaan yang dibutuhkan dan jika terdapat logo segitiga dengan tanda silang artinya pakaian nggak boleh dicuci dengan pemutih.

Simbol Dry Cleaning

simbol dry cleaning pakaian

    Dry Cleaning adalah proses pencucian tanpa air digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian. Terdapat beberapa ketentuan pakaian yang bisa dilakukan dry clean seperti gambar diatas.

Pengeringan 

simbol pengeringan pakaian
    
    Simbol cara mengeringkan pakaian dilambangkan dengan gambar lingkaran dalam sebuah kotak. Simbol ini mengingatkan untuk mengeringkan pakaian sesuai petunjuk labelnya. Ada beberapa titik di dalam lingkaran sebagai indikasi suhu. Titik satu berarti suhu rendah, sedangkan suhu tinggi dilambangkan dengan dua titik. Selain itu ada 3 garis vertikal di dalam sebuah kotak berarti mengeringkan dengan cara digantung pada tali jemuran. Sedangakan bila ada 1 garis horizontal artinya pakaian harus dikeringkan dengan cara dibentangkan. Ada juga jenis kain yang nggak dianjurkan untuk diperas.


Penyetrikaan
simbol penyetrikaan pakaian

    Menyetrika dengan benar akan menghindarkan kain dari memudarnya warna bahan. Anjuran penyetrikaan dilambangkan dengan gambar setrika. Tanda titik yang terdapat dalam setrika menentukan suku yang dianjurkan. Satu titik untuk suhu rendah, dua titik untuk suhu sedang dan tiga titik untuk suhu tinggi. Sisanya dengan suhu normal atau malah nggak boleh disetrika.

    Demikian penjelasan untuk jenis-jenis simbol perawatan pakaian yang perlu anda ketahui. Untuk anda yang mau memulai di bidnis fashion dan membutuhkan label pada pakaian blank, preprinted, dll hubungi Satria Label, solusi kebutuhan printing barcode anda.


www.satrialabel.com
082138249041


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama