Halo, Klik di sini untuk Kontak by Whatsapp

Apa saja tipe ribbon yang digunakan untuk Barcode Printer?

 APA SAJA TIPE RIBBON YANG DIGUNAKAN UNTUK BARCODE PRINTER?

Barcode printer adalah mesin pencetak label kode batang atau biasa dikenal dengan sebutan barcode yang akan di tempelkan pada benda yang umumnya produk komoditas yang dijual secara masif. Dalam hal ini daya tahan label barcode menjadi salah satu faktor utama dan penentu bagus atau tidaknya mesin tersebut.


printer barcode industri jawa tengah
https://www.zebra.com/ap/en/reference-components-page-cross-promotion/merchandising-tiles/products/printer-selector-tool/jcr:content/mainpar/referencecontainer_d/reference_container/columncontrol_3885/col1par/fullwidthimage_68c4__1566973646/fullWidthImage.transform/image-large/image.jpg


Terdapat beberapa ribbon barcode yang pada umumnya digunakan untuk Barcode Printer yaitu,

1.       Ribbon Wax adalah tipe ribbon yang sering digunakan dengan keunggulan harga yang ekonomis untuk label thermal transfer. Ribbon wax mempunyai warna lapisan karbon hitam pekat dan mengkilat. Tipe ribbon Wax ini menjadi kelas terendah jika dibandingkan dengan kedua tipe lainnya. Daya tahan ribbon wax cenderung minimum, yakni sekitar 6 bulan tergantung pada penyimpanan, suhu, dan lokasi. Ribbon ini cocok digunakan untuk label yang tidak butuh ketahanan lama misalnya untuk label pengiriman, tiket, pergudngan, rak  barang dan aplikasi ritel.

ribbon wax jawa tengah

2.    Ribbon Wax-resin adalah tipe ribbon yang memiliki ketahanan lebih tahan lama dan resistance secara mekanik. Wax-resin memiliki warna lapisan karbon hitam namun tidak terlalu pekat. Tipe ribbon wax-resin menjadi kelas tengah disbanding dengan kedua tipe lainnya. Daya tahan cetaknya cukup lebih baik disbanding dengan tipe wax yaitu dapat bertahan
sekitar 1-2 tzhun bergantung pada penyimpanan, suhu, dan lokasi. Tipe wax-resin cocok digunakan pada label yang digunakan pada komoditas dengan usia tak lebih dari 2 tahun. Contohnya pada barang atau makanan yang disimpan dalam Gudang dengan usia kurang dari 2 tahun.

ribbon barcode purwokerto


3.       Ribbon resin adalah tipe ribbon yang memiliki resistansi cukup tinggi terhadap aus mekanik, pelarut, dan panas. Tipe ribbon resin menjadi kelas tertinggi dari ketiga tipe ini. Daya tahan cetaknya mampu bertahan lebih dari 5 tahun dengan syarat disimpan dan digunakan pada suhu lembab atau panas. Tipe ribbon resin ini cocok digunakan untuk label yang memerlukan ketahanan jangka Panjang misalnya untuk barang-barang inventoris perusahaan yang akan disimpan dalam waktu yang lama.


Nah, itulah ulasan tentang 3 macam tipe ribbon yang digunakan dalam printer barcode. Gunakan tipe ribbon sesuai dengan kebutuhan anda ya sahabat. Untuk informasi kebutuhan dan pemesanan silakan hubungi Satria Label Barcode. Satria Label Barcode penyedia label barcode, ribbon, office stationary di area Purwokerto dan siap mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia. Hubungi kami di kontak tertera atau di nomor 082138249041 (Call & WA)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama